Selasa, 14 Februari 2017

Cara Merawat Rambut Agar Subur, Lebat, Dan Tidak Rontok

Tips kesehatan kali ini akan membahas mengenai tips cara merawat rambut agar subur dan lebat.  ensetelah sebelumnya kita membahas tentang cara menghilangkan bekas jerawat. Seperti kita ketahui bersama bahwa rambut adalah salah satu hiasan kepala dimana hal ini bisa membuat wajah kita lebih menarik. Rambut yang indah dan rapi tentu bisa menambah kita lebih percaya diri. Terutama bagi kaum wanita, rambut adalah mahkota yang “patut” sekali dibanggakan dan “perlu dikagumi.

Oleh karena itu, rambut haruslah terus dan selalu dirawat setiap saat agar selau sehat, subur, lebat dan teratur. Dan pada kesempatan ini, TIPS KESEHATAN akan merangkum cara membuat rambut anda subur dan lebat dengan beberapa metode yang telah lama digunakan oleh para tradisionalis tentang manfaat dan khasiat flora di bawah ini :

PERAWATAN RAMBUT DENGAN LIDAH BUAYA

 

Kasiat Lidah Buaya.
Lidah buaya, dalam bahasa ilmiah disebut Aloevera Linn, merupakan tumbuhan yang sejak lama dikenal khasiatnya untuk menyuburkan rambut. Lihat saja iklan-iklan di TV yang menawarkan beberapa merek shampoo yang konon mengandung lidah buaya di dalamnya. Nah, jika kita menggunakan lidah buaya “asli”nya, tentu khasiatnya sebagai penyubur rambut bisa dijamin maksimal.

Cara merawat rambut dengan lidah buaya yaitu dengan “mengoleskan lendir lidah buaya pada rambut hingga merata di waktu pagi, dan biarkan selama 12 jam atau satu hari penuh lebih baik. Setelah itu rambut dicuci dengan air bersih. Lakukan cara ini selama 3 bulan berturut-turut, niscaya hasilnya sungguh sangat memuaskan.”

PERAWATAN RAMBUT DENGAN DAUN WARU
 
 khasiat daun waru
Daun waru (Hibiscus Tilisceus, Linn) juga tidak kalah berkhasiat dengan lidah buaya. Apabila rambut kita sering rontok karena memiliki penyakit thypus, daun waru ini bisa menjadi solusi. Khasiat daun waru ini akan terbukti jika kita melakukan cara yang tepat yaitu : daun waru yang masih muda harus ditumbuk terlebih dahulu sampai mengeluarkan air (lendir). Setelah itu, airnya disaring dan diembunkan selama satu malam. Pada keesokan harinya, oleskanlah air tersebut pada rambut kita sampai pada kulit kepala secara merata. Lakukanlah hal ini setiap hari selama beberapa bulan, nanti khasiat daun waru ini akan terasa yaitu membuat rambut kita subur dan tidak rontok.

PERAWATAN RAMBUT DENGAN BONGGOL PISANG

khasiat bonggol pisang
Bonggol pisang (Musa Paradisiaca, Linn) juga bisa berkhasiat menyuburkan rambut. Caranya tidak jauh berbeda dengan cara merawat rambut dengna daun waru di atas yaitu : parutlah bonggol pisang tersebut lalu diambil airnya dan diembunkan selama satu malam. Pada pagi hari, basahilah rambut anda dengan air bonggol pisang tersebut. Lakukan setiap hari dalam beberapa waktu. Cara lain juga bisa digunakan yaitu : tebanglah pohon pisang sampai batas kira-kira 15 cm dari tanah, lalu bagian tengahnya dilubangi dan ditutupi dengan daunnya. Esok harinya, air batang pisang terseubt bisa digunakan untuk membasahi rambut anda.

PERAWATAN RAMBUT DENGAN KEMIRI

khasiat kemiri
Khasiat kemiri dalam menyuburkan rambut pun tidak jauh berbeda dengan khasiat lidah buaya, daun waru dan batang pisang di atas. Minyak kemiri (Aleurites Moluccana, Willd) dapat mencegah rambut rontok. Caranya : ambillah buah kemiri (dalamnya) secukupnya saja kemudian ditumbuk dan diberi air lalu dimasak hingga mengeluarkan miyak. Gosokkanlah minyak kemiri tersebut pada kulit kepala hingga meresap pada pori-pori, lakukanlah hal ini minimal tiga kali seminggu sampai benar-benar rambut anda subur dan tidak rontok lagi.


SARAN SARAN AGAR RAMBUT SEHAT SUBUR DAN LEBAT
Selain cara-cara di atas, setidaknya ada saran khusus agar rambut kita menjadi sehat, subur dan lebat. oleh karena itu perhatikan pula hal-hal di bawah ini.

   1. Rutin mencuci rambut, setidaknya atau sebaiknya rambut dicuci tiap-tiap 10-14 hari sekali.
   2. Menyisir rambut sebaiknya dua kali saja dalam sehari, yaitu dengan menggunakan sisir yang  
      giginya tidak terlalu rapat.
   3. Jangan sekali-kali menyisir rambut dalam keadaan basah dengan menggunakan sisir yang
      giginya rapat.
   4. Akan lebih baik gunakan sisir yang giginya tumpul atau tidak lancip.
   5. Jangan menggunakan sisir orang lain demi mencegah adanya penyakit.
   6. Jangan menyisir rambut dengan sikat karena dapat mengganggu pertumbuhan rambut.
   7. Rambut yang kering dapat dicuci sedikit dengan minyak kelapa atau minyak kemiri, dan ini
      dapat dilakukan dua kali dalam seminggu.
   8. Untuk wanita yang suka memocong rambutnya, sebaiknya pada malam hari diuraikan.


cara merawat rambut

Demikianlah tulisan tentang tips atau cara alami merawat rambut agar subur, sehat dan lebat. Meski banyak sekali beredar shampoo berkualitas yang bisa membuat rambut anda subur dan lebat, setidaknya dengan menggunakan khasiat tumbuhan dan tanaman di atas tidaklah membutuhkan biaya yang mahal. Karena jika kita kembali kepada alam, niscaya alampun menyambutnya dengan baik. Semoga saja tips kesehatan merawat rambut ini bisa bermanfaat untuk siapa saja yang ingin rambut kita tumbuh sehat alami.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Merawat Rambut Agar Subur, Lebat, Dan Tidak Rontok