Senin, 17 Januari 2011

Mengobati Berbagai Penyakit dengan Kencur

Berikut ini beberapa ramuan kencur yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit :

1. Batuk
Ambil 2 rimpang kencur, cuci, parut, dan campur dengan 1 cangkir air hangat. Saring campuran tersebut, ambil airnya, dan tambahkan sedikit garam, lalu minum.
Ambil 1 rimpang kencur, kupas bersih, dan kunyah. Isap airnya dan buang ampasnya. Lakukan rutin setiap pagi.

2. Masuk Angin
Ambil 1 rimpang kencur, cuci bersih, lalu kunyah bersama garam secukupnya. Sesudah halus, telan kencur tersebut dan lanjutkan dengan minum air hangat. Lakukan 2 kali sehari, setiap pagi dan sore.

3. Mulas
Siapkan 1 rimpang kencur, lalu cuci dan parut. Tambahkan 2 sdm air masak dan sedikit garam. Saring airnya dan minum. Lakukan 2-3 kali sehari.

4. Lelah
Sediakan 1 rimpang kencur, 2 sdm beras yang telah disangrai dan 1 biji cabai merah. Semua bahan direbus bersama dengan 2 gelas air. Biarkan hingga mendidih hingga tinggal 1 gelas. Saring airnya dan minum. Ulangi setiap hari sampai rasa lelahnya hilang.

5. Keseleo
Campurkan 1 rimpang kencur dan 1 genggam beras yang sudah direndam air. Haluskan kedua bahan tersebut dan diberi air secukupnya sampai seperti krim. Oleskan armuan ini pada bagian yang keseleo.

6. Diare
Sediakan 2 rimpang kencur dan 2 biji bawang merah lalu tumbuk hingga halus. Bungkuslah hasil tumbukan dengan daun pisang, slanjutnya bakar beberapa saat. Selanjutnya balurkan ramuan ini ke bagian perut.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Mengobati Berbagai Penyakit dengan Kencur